Ditengah Wabah Covid-19: Alhamdulillah, CMA Bagikan Santunan Sembako Bagi Buruh Harian

0
137
436 Views

Karawang,- Setelah Kabupaten Karawang ditetapkan sebagai daerah zona merah di Jawa Barat, setelah disusul adanya lima orang dinyatakan positif terpapar virus corona atau Covid-19.

Kegiatan pendidikan diperpanjang masa liburnya, pusat-pusat perbelanjaan sudah ditutup, tanpa kecuali pasar-pasar tradisional juga dihimbau untuk tutup. Tentu ini semua berdampak secara merata bagi warga, terutama warga yang keseharianya hanya bekerja kuli panggul di pasar dengan penghasilan harian.

Pak Rudi beliau harus menghidupi keluarga Istri dan dua anak yang masih duduk di sekolah, pak Rudi tinggal
di Perum Puri 2, sehari-hari kuli panggul di pasar kosambi bekerja dari pukul 2 pagi sampai 4 pagi.

Rumah yang beliau tinggali hasil bekerja menjadi karyawan PT. ABC namun harus terkena PHK sekitar sepuluh tahun yang lalu.

Ketika wabah Virus Corona muncul di Wuhan Tiongkok pertama kali, Pemerintah Pusat lamabat merespon, dan kini Virus Corona sudah mewabah dihadapan kita semua. Akibatnya pasar-pasar mulai tutup operasional, dan bagai mana nasib para pekerja buruh harian seperti pak Rudi? siapa yang bertanggungjawab? Tentu bukan lain, Perintahlah yang harus bertanggungjawab pada Rakyatnya.

Corps Mujahidah Aspika (CMA) Alhamdulillah, Umi Lina atau sering dengan sapaan Umi Ridwan, Senin (30/3/2020) menyerahkan bantuan sembako untuk pak Rudi.

Umi Ridwan mengatakan, “Sebagai rakyat biasa saya sangat merasakan bagaimana menjadi buruh harian, pedagang, sopir angkot yang penghasilannya didapat dengan keluar rumah, kalau pemerintah menghimbau  masyarakatnya untuk Stay at home berarti para buruh harian tersebut ga ada penghasilan”.

Lalu dimana peran negara? Disaat masyarakat sudah patuh dengan himbauan pemerintah, apakah pemerintah sudah mematuhi aturan untuk menjamin kehidupan dapur dan perut rakyatnya?” Pungkasnya..

Kita ketahui bila suatu wilayah diberlakukan #KarantinaWilayah maka ada UU yang mengatur, biar masyarakat mengetauhi sebagai berikut:

UU No.6 Tahun 2018 Tentang Karantina Kesehatan

Pasal 55
(1) Selama dalam Karantina Wilayah, kebutuhan hidup dasar orang dan makanan hewan ternak yang berada di wilayah karantina menjadi tanggung- jawab Pemerintah Pusat.

(2) Tanggung jawab Pemerintah Pusat dalam penyelenggaraan Karantina Wilayah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan melibatkan Pemerintah Daerah dan pihak yang terkait.(@umikamedia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here